Friday, June 21, 2024
spot_img

6 Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Hi!Pontianak – Apakah kamu merasa tidak percaya diri dengan warna gigi yang menguning? Jika ya, penyebab gigi kuning yang kamu alami bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tanpa sadar.

Meski tidak membahayakan, gigi kuning dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Untuk itu, tidak ada salahnya mengatasi gigi kuning agar kamu tetap percaya diri.

Baca Juga

Lakukan 5 Tes Kesehatan Ini Sebelum Menikah

4 Fakta Proses Penuaan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Ini Penyebab Perempuan Sering Alami Mood Swing saat PMS

Supaya bisa mengatasi dengan tepat, ketahui dulu penyebab gigi kuning apa saja. Mau tahu apa saja? Dikutip dari Your Tango, simak selengkapnya berikut ini.

1. Sering menggunakan obat kumur

com-Ilustrasi Obat kumur Foto: Shutterstock
com-Ilustrasi Obat kumur Foto: Shutterstock

Salah satu penyebab gigi kuning karena sering menggunakan obat kumur. Biasanya, orang menggunakan obat kumur untuk menyempurnakan proses menggosok gigi dan menjaga kesegaran mulut karena lebih mudah dan praktis.

Dilansir dari Healthline, anjuran menggunakan obat kumur maksimal dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing. Ingat, obat kumur bukanlah pengganti menyikat gigi dan flossing. Kamu juga tidak perlu menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan mulut.

Cara mengatasinya: Bila kamu sering menggunakan obat kumur untuk menjaga napas agar tetap segar, sebaiknya pertimbangkan strategi lain, seperti menyikat gigi lebih sering dan melakukan pembersihan gigi secara teratur.

2. Mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak asam

Ilustrasi Buah-buahan Foto: Shutterstock/Pixel-Shot
Ilustrasi Buah-buahan Foto: Shutterstock/Pixel-Shot

Tak hanya obat kumur, mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak asam dapat menyebabkan gigi kuning. Asam dapat menggerogoti enamel gigi secara perlahan sehingga terlihat dentin berwarna kuning.

Beberapa buah yang tergolong banyak asam adalah jeruk, tomat, dan nanas. Dikutip dari Mouth Healthy, buah-buahan kering seperti kismis juga dapat menyebabkan gigi kuning karena teksturnya yang lengket dan melekat pada gigi, sehingga asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab gigi berlubang terus merusak gigi setelah kamu berhenti memakannya.

Cara mengatasinya: Katz menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air mineral untuk mencegah dampak pewarna makanan pada gigi. Kamu juga disarankan menghindari buah blueberry, minuman teh hitam dan anggur merah.

3. Terlalu banyak minum kopi

com-Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock
com-Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock

Menurut Dokter Gigi dari Friedman Dental Group, Katia Friedman, kopi adalah minuman yang berat untuk gigi meskipun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi dua atau tiga kopi per hari akan membuat lapisan enamel gigi kamu terus-menerus bersentuhan dengan zat pewarna.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan enamel keropos dan membuat noda ini dapat mengendap. Hasilnya, gigi akan menguning jika tidak dibilas dan disikat secara teratur.

Cara mengatasinya: Minum kopi lebih cepat atau gunakan sedotan. Cara ini dapat mempersingkat waktu zat pewarna di dalam mulut.

4. Kamu seorang perokok

wanita merokok Foto: Shutterstock
wanita merokok Foto: Shutterstock

Penyebab lainnya gigi kuning adalah karena kamu seorang perokok. Bahan kimia dalam rokok dan tembakau pipa memiliki efek pewarnaan pada gigi yang menempel pada lapisan enamel gigi.

Semakin lama kamu merokok maka gigi akan semakin terlihat berwarna kuning. Merokok juga dapat menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti penyakit gusi, kerusakan gigi, dan mulut kering. Cara mengatasinya: Berhenti merokok dan rajin menyikat gigi.

5. Jarang membersihkan gigi

Ilustrasi perempuan sikat gigi. Foto: fizkes/Shutterstock
Ilustrasi perempuan sikat gigi. Foto: fizkes/Shutterstock

Katia Friedman mengatakan bahwa kurang konsisten dalam membersihkan gigi dan flossing dapat menyebabkan akumulasi plak pada lapisan enamel gigi. Akibatnya, lapisan enamel gigi menipis dan menyebabkan gigi tampak kuning karena lapisan bakteri.

Cara mengatasinya: Bersihkan gigi secara benar dan teratur. Melakukan pembersihan gigi setidaknya setahun sekali akan membantu mengatasi gigi kuning.

6. Menyikat gigi berlebihan

Ilustrasi perempuan sikat gigi. Foto: MMD Made my dreams/Shutterstock
Ilustrasi perempuan sikat gigi. Foto: MMD Made my dreams/Shutterstock

Meskipun memiliki rutinitas menyikat gigi yang teratur bagus untuk kesehatan, namun, kalau dilakukan sembarangan tetap tak baik dampaknya.

“Jika menyikat terlalu keras atau terlalu sering, kamu mungkin mengikis lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin,” ucap Prosthodontist asal Manhattan, Mazen Natour.

Dua kondisi tersebut bisa menyebabkan gigi kuning. Oleh karena itu, rajin membersihkan gigi sangat dianjurkan tapi perhatikan cara melakukannya, ya, Ladies.

Cara mengatasinya: Jika gigi kamu sudah menguning, tanyakan kepada dokter gigi untuk opsi pemutihan profesional serta saran tentang mengubah kebiasaan kamu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular