Tuesday, July 16, 2024
spot_img

6 Kebiasaan Anak yang Diwarisi Dari Ibunya,Salah Satunya Sifat Rapi

Hi!Pontianak – Ada peribahasa ‘buah jatuh tak jauh dari pohonnya, yang berarti anak punya sifat dan berperilaku tidak jauh berbeda dengan Ayah atau Ibunya. Selain menurunkan hal-hal secara genetika, anak juga akan mewarisi kebiasaan apa yang para orang tua lakukan.

Secara psikologis, anak belajar dari lingkungannya dengan cara observasi (melihat) dan imitasi (meniru), dan lingkungan terdekat pasti adalah keluarga atau orangtuanya. Anak akan melihat bagaimana cara orangtua berbicara dan menanggapi sesuatu, melakukan ini itu, dan lain sebagainya. Hal ini dimulai sejak anak usia dini.

Berikut ini 6 kebiasaan sang ibu yang akan diwarisi oleh anak, dikutip dari berbagai sumber:

  1. Sifat Rapi

Jika sang ibu terlihat gemar merapikan barang yang berserakan, bayi secara naluri akan tahu bahwa barang harus teratur dan berada di tempat yang tepat.

Pada dasarnya, bayi memperhatikan dunia sekitar. Terlebih aktivitas ibundanya.

  1. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Bayi akan mengikuti kata-kata yang digunakan sang ibu untuk berbicara, sehingga para ibu harus berhati-hati dengan perkataannya.

Biarkan anak terbiasa berkomunikasi dengan saudara dan teman-temannya untuk melatih cara komunikasi yang baik.

  1. Kecerdasan

Sifat lainnya yang merupakan warisan dari ibu adalah tingkat kecerdasannya, yang memang terkait dengan DNA. Jika seorang ibu merupakan seseorang yang terbilang cerdas, anak ibu juga umumnya akan sama.

Namun, DNA memang memengaruhi faktor pendorong kecerdasan tersebut meskipun hanya separuh, sisanya dipengaruhi oleh faktor luar lainnya.

  1. Nilai-nilai Kehidupan

Beberapa kebiasaan mudah diajarkan, seperti kebiasaan berdoa sebelum makan, sebelum tidur adalah kebiasaan yang mudah diwariskan ke anak tanpa banyak bertanya.

Biasakan anak dengan nilai-nilai dan perlakukan baik untuk membentuk karakternya

  1. Jam Bangun Tidur

Biasanya, jika ibu biasa bangun pagi, maka bayi juga akan bangun pagi karena mereka mengetahui bahwa ibunya sudah bangun, kecuali jika bayi ditidurkan kembali.

Jam tidur bayi dibawa sejak dalam kandungan, namun dapat berubah dengan faktor eksternal.

  1. Tata Krama Makan

Bayi memperhatikan apa yang dilakukan ibu di meja makan ketika mereka mulai makan sendiri. Bagaimana cara sang ibu makan adalah sesuatu yang akan anak ikuti.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular