Wednesday, May 29, 2024
spot_img

5 Warisan Genetik yang Diturunkan Ibu ke Anak

Pontianak Today – Pada sejumlah anak, gen dari sisi ibu akan lebih dominan dibandingkan gen dari sisi ayahnya. Hal ini membuat sifat dan penampilan anak akan lebih cenderung mirip sang ibu.

Meskipun seorang anak lahir dengan hasil warisan genetik dari kedua orang tuanya, karakteristik yang diturunkan dari ayah dan ibu tentunya berbeda.

Lantas, apa saja warisan genetik yang diturunkan ibu ke anak? Cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini, yuk!

1. Buta warna

Buta warna atau ketidakmampuan seorang anak untuk membedakan warna-warna tertentu ternyata merupakan warisan dari gen orang tuanya.

Umumnya, kejadian buta warna lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki yang diwarisi oleh sang ibu. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau anak perempuan juga memiliki peluang untuk mengalami kondisi ini.

2. Gaya dan pola tidur

Menurut beberapa penelitian, pola tidur ibu akan mempengaruhi kebiasaan tidur sang anak. Bahkan gaya dan pola tidur anak sudah dapat terbentuk sejak masih berada dalam kandungan.

Jika seorang ibu mengalami insomnia, maka sang anak akan cenderung sering tidur lebih larut dan mendapatkan waktu tidur yang lebih sedikit.

3. Kebiasaan makan

Selera makan ibu selama kehamilan akan mempengaruhi selera makan anak sehingga penting bagi ibu untuk menjaga asupan makanan bergizi.

Maka dari itu, apa saja yang seorang ibu konsumsi selama hamil tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan janin di perut, tetapi juga pada kebiasaan makannya kelak.

4. Tangan yang dominan

Penggunaan tangan yang dominan, tangan kanan atau kiri, juga dipengaruhi oleh gen dari ibu.

Apabila sang ibu lebih sering menggunakan tangan kanan, maka kemungkinan besar anaknya pun tidak akan kidal alias juga menggunakan tangan kanan, begitu pula sebaliknya.

5. Warna rambut

Gen ibu berperan dalam menentukan warna dan kekuatan rambut anak. Lebih dari 20 gen ibu berperan dalam mengendalikan protein untuk membentuk warna rambut anak sejak dalam kandungan.

Selain warna rambut, ibu juga menurunkan gen yang dapat menyebabkan kebotakan. Jika ibu rentan botak, maka sang anak juga berisiko mengalami hal serupa. Namun, kebotakan terjadi tidak hanya karena gen, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Itulah hal-hal yang diwariskan seorang ibu kepada anak. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular