Wednesday, May 29, 2024
spot_img

5 Tren Baju Lebaran Wanita 2024

Pontianak Today – Menjelang hari raya Idul Fitri, umat Muslim sudah berencana dari jauh-jauh hari ingin mengenakan baju apa saat lebaran nanti, terutama bagi kaum wanita.

Selain memilih warna baju, model atau jenis busana juga kerap menjadi bahan pertimbangan sebagai penunjang penampilan. Hal tersebut biasanya juga dipengaruhi oleh tren-tren baju lebaran di setiap tahunnya.

Kira-kira, lebaran tahun 2024 ini menyoroti tren baju wanita apa, ya? Buat kamu yang masih bingung dan ingin mencari referensi, simak ulasan tren baju lebaran wanita 2024 berikut ini, yuk!

1. Abaya

Dikenal dengan nama gamis Arab, abaya merupakan busana muslimah yang sering digunakan pada acara-acara tertentu, seperti pengajian, puasa, dan lebaran. Abaya sendiri identik dengan warna khas hitam.

Abaya memiliki potongan yang lebih lebar dan desain busananya relatif lebih ramping dibandingkan dengan kaftan. Selain itu, terdapat dua model pada busana abaya yaitu A-Line dan Umbrella Line.

2. Gamis

Gamis merupakan pakaian terusan panjang yang dikenakan oleh wanita maupun pria dengan model lurus dari pundak hingga kaki. Gamis juga serupa dengan pakaian jubah, kaftan, ataupun tunik yang memiliki lengan panjang.

Busana gamis memiliki warna dan model yang beragam dengan tidak menghilangkan ciri khasnya yaitu berupa terusan panjang.

3. Kaftan

Tren baju kaftan tampaknya masih belum surut dari beberapa tahun belakangan. Kaftan merupakan jenis pakaian panjang longgar yang terlihat seperti jubah dengan hiasan renda pada bagian sisi-sisinya dan pada bagian leher.

Pakaian ini memiliki ciri khas pada bagian lengan yang lebar seperti sayap kelelawar yang memanjang menutup lengan tanpa jahitan. Busana model kaftan juga mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga bisa menurunkan suhu tubuh ketika dikenakan.

4. Kebaya

Selain sering dikenakan saat acara pernikahan, upacara adat, dan perayaan wisuda, kebaya juga dapat digunakan saat lebaran, loh.

Busana kebaya yang elegan memberikan kesan anggun dan sopan bagi kaum perempuan yang mengenakannya. Meskipun kebaya merupakan pakaian tradisional, kebaya dapat dipadupadankan dengan pakaian modern untuk bawahannya, baik itu rok ataupun celana.

5. Tunik

Berbeda dengan dress yang biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang, busana tunik didesain lebih pendek dengan ukuran panjang yang hanya mencapai pinggul atau betis.

Tunik dapat digunakan sebagai blus longgar yang tentunya perlu dikombinasikan dengan bawahan untuk menunjang penampilan, seperti celana atau rok. Pakaian tunik sendiri bisa dibuat dengan lengan pendek, lengan panjang, ataupun tanpa lengan.

Nah, kamu tidak perlu bingung lagi mau memilih model atau jenis busana apa untuk dikenakan saat hari raya lebaran karena Pontianak Today sudah merangkumnya di atas. Semoga bermanfaat, ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular