Sunday, May 19, 2024
spot_img

4 Pahlawan Nasional dan Perannya yang Menginspirasi Banyak Orang

Pontianak Today – Indonesia memiliki banyak tokoh pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Keguguran mereka tak hanya menyisakan nama, tetapi juga terdapat perubahan yang dihasilkan dan bisa kita rasakan sampai saat ini.

Berikut adalah sosok empat pahlawan nasional beserta perannya yang telah menginspirasi banyak orang.

1. Bung Tomo

Bung Tomo merupakan seorang pejuang sekaligus tokoh jurnalis asal Surabaya.

Ia berhasil mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia dengan semboyan “Merdeka atau Mati” dalam pertempuran besar melawan pasukan penjajah di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

2. Cut Nyak Dien

Siapa yang tidak mengenal sosok Cut Nyak Dien?

Ia merupakan salah seorang pahlawan nasional perempuan dari Aceh, loh. Cut Nyak Dien ikut memimpin perlawanan rakyat terhadap Belanda pada masa Perang Aceh. Ia juga berjuang di pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya untuk bertempur melawan Belanda.

3. Ki Hajar Dewantara

Seperti yang kita ketahui, Ki Hajar Dewantara merupakan sosok yang dikenal sebagai pahlawan di bidang pendidikan.

Kegiatannya dalam dunia pendidikan adalah berperan sebagai pendiri perguruan taman siswa yang diperuntukkan bagi para penduduk pribumi pada zaman penjajahan Belanda, yang mana mereka tidak bisa mendapatkan pendidikan pada saat itu.

4. R. A. Kartini

Sosok yang satu ini juga amat bersejarah bagi kaum perempuan di Indonesia. Yap, ia adalah perempuan ningrat bernama R. A. Kartini.

R. A. Kartini menghabiskan hampir seluruh waktu hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan. Ia bahkan mendirikan sebuah sekolah khusus untuk perempuan bernama ‘Sekolah Kartini’ di Semarang pada tahun 1912.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular