Sunday, May 19, 2024
spot_img

4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Medical Check Up

Pontianak Today – Medical Check Up (MCU) adalah tes pemeriksaan tubuh secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi adanya penyakit. Pemeriksaan MCU ini terdiri dari serangkaian tes yang bisa membantu menilai kondisi organ-organ dalam tubuh.

Nah, sebelum kamu melakukan medical check up, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya!

1. Istirahat yang cukup

Sebelum melakukan medical check up, kamu disarankan untuk memiliki tidur malam yang cukup, minimal 6 jam sebelum tes kesehatan. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan, seperti tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh.

2. Puasa 10 – 12 jam sebelum melakukan tes kesehatan

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu terkadang mempengaruhi kadar gula darah dan kolesterol, kecuali minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Adapun sejumlah pemeriksaan yang mewajibkan puasa sebelum melakukan tes kesehatan, seperti tes darah, tes kolesterol, tes gula darah, tes fungsi hati, dan tes kadar besi dalam tubuh.

3. Tidak merokok, mengkonsumsi alkohol, dan obat-obatan

Jika kamu ada mengonsumsi obat tertentu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah harus meminum obat tersebut sebelum atau sesudah melakukan tes kesehatan.

4. Siapkan hasil medical check up sebelumnya

Jika kamu pernah melakukan medical check up sebelumnya, ada baiknya kamu mempersiapkan hasil medical check up tersebut sebagai referensi bagi dokter. Namun, jika belum pernah, lakukanlah ketiga poin yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular