Sunday, May 19, 2024
spot_img

4 Cara Meningkatkan Kreativitas Desain

Pontianak Today – Dalam dunia desain, pernahkah kamu merasakan fase ketika pikiran atau ide sedang buntu sehingga bingung harus melakukan apa? Jika pernah, kamu tidak sendirian karena hal ini tidak hanya dirasakan oleh pemula, tetapi seseorang yang profesional pun pernah mengalami fase tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa menyimak cara-cara untuk meningkatkan kreativitas desain dalam ulasan berikut ini, ya.

  1. Pahami Basic Desain
    Sebelum menjadi mahir dalam suatu bidang, khususnya desain, kamu harus menguasai pemahaman dan teknik paling dasar terlebih dahulu. Dengan memahami basic-basic desain, hal tersebut dapat memudahkanmu untuk lanjut ke tingkat yang lebih sulit nantinya.

Dalam dunia desain sendiri, hal-hal basic yang perlu kamu ketahui meliputi prinsip dasar desain grafis, unsur utama desain grafis, pemilihan warna, tipografi, simbol, grid system, hingga tata letak halaman atau layout. Kamu dapat berlatih untuk menguasainya secara perlahan dan menghapalnya di luar kepala.

  1. Tonton Video Tutorial
    Usai memahami basic desain, kamu bisa menonton video tutorial desain sesuai keinginanmu dan langsung mempraktikkannya. Misalnya, kamu ingin belajar cara membuat tipografi, maka kamu bisa menonton tutorial tipografi di internet.

Kamu bisa mencoba mempraktikkannya di berbagai software yang kamu inginkan, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Canva, Picsart, dan lainnya. Dengan sering menonton berbagai video tutorial sambil mempraktikkannya, kamu akan berpeluang menguasai berbagai teknik desain.

  1. Membuat Ulang Suatu Desain
    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah me-recreate suatu template atau hasil desain yang kamu sukai. Kamu bisa memilih beberapa contoh desain yang ingin dibuat ulang sesuai dengan kreativitasmu. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan membuat ulang desainnya dari awal ataupun menggabungkan beberapa template desain dan dikreasikan kembali.

Cara ini bukanlah plagiat, melainkan dimodifikasi ulang sesuai keinginan alias ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kamu bisa coba melakukan tips ini untuk berkreasi, apalagi saat sedang kehabisan ide dalam mendesain, ya.

  1. Menantang Diri Sendiri
    Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman, yuk! Kamu bisa menantang dirimu sendiri untuk terus melampaui batas kemampuanmu.

Bagaimana caranya? Kamu bisa bereksperimen atau membuat challenge untuk dirimu sendiri dalam mendesain sesuatu yang belum pernah kamu lakukan, contohnya seperti membuat desain virtual background, poster acara, dan sebagainya. Kamu juga bisa menantang diri untuk mendesain di software lain yang belum pernah kamu gunakan, loh.

Itulah dia empat cara meningkatkan kreativitas desain yang bisa dilakukan agar kamu tidak selalu merasa nge-stuck dalam mendesain. Semoga membantu, ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular