Thursday, February 22, 2024
spot_img

4 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang Usai Diwarnai

Hi!Pontianak – Buat kamu yang baru saja mewarnai rambut, apa kebingungan dengan tekstur rambutmu yang mendadak kering dan mengembang? Padahal, sebelum diwarnai tekstur rambutmu cenderung halus dan mudah diatur.

Produk pewarna rambut memang mengandung bahan kimia seperti peroksida yang bisa menyebabkan rambut terasa kering dan kaku. Dikutip dari MTI College, institusi pendidikan tinggi di Sacramento, California, yang salah satu fokus studinya membahas kosmetologi, produk pewarnaan rambut bekerja dengan cara membuka molekul di bagian terluar kutikula rambut, untuk membiarkan bahan pewarna memasuki batang rambut dan mengubah pigmennya.

Ilustrasi rambut diwarnai. Foto: Shutterstock
Ilustrasi rambut diwarnai. Foto: Shutterstock

Akibat dari proses tersebut, minyak alami rambut tidak bisa mencapai batang rambut. Itulah mengapa rambut yang diwarnai akan terasa kering dan mengembang. Oleh karena itu, rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan ekstra agar batang rambut tetap halus dan mudah diatur.

Jika kamu tidak langsung mengambil langkah-langkah perawatan yang baik, bisa jadi kondisi rambutmu akan semakin kaku dan mengembang.

Melansir dari KumparanWomen, berikut ini sejumlah cara yang harus kamu terapkan ketika rambut terasa kering dan mengembang usai proses pewarnaan.

1. Pakai shampo yang tidak mengandung sulfat

ilustrasi keramas dengan shampo bebas sulfat. Foto: shutterstock
ilustrasi keramas dengan shampo bebas sulfat. Foto: shutterstock

Dikutip dari Allure, shampo yang mengandung sulfat kurang baik bagi rambut yang diwarnai. Sulfat sangat efektif dalam membersihkan dan mengangkat kotoran pada rambut.

Namun, sulfat mampu menghilangkan kelembapan pada batang rambut. Jika digunakan pada rambut diwarnai, rambutmu berisiko menjadi semakin kering dan mengembang.

Oleh karena itu, jika sampo yang kamu pakai masih mengandung sulfat, segera ganti dengan sampo bebas sulfat untuk memastikan rambutmu tetap terhidrasi dengan baik.

2. Jangan lupakan kondisioner dan vitamin rambut

Ilustrasi pakai kondisioner pada rambut kering usai diwarnai. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi pakai kondisioner pada rambut kering usai diwarnai. Foto: Shutter Stock

Setiap keramas, jangan lupakan kondisioner yang khusus diformulasikan untuk rambut diwarnai. Kondisioner akan membantu memberikan kelembapan ekstra untuk batang rambutmu, sehingga membuatnya lebih halus dan mudah diatur. Pastikan kamu membilas kondisionernya hingga bersih, Ladies.

Setelah keramas dan memakai kondisioner, produk lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah vitamin atau serum rambut khusus. Vitamin atau serum rambut akan menutrisi batang rambutmu yang kering akibat proses pewarnaan. Aplikasikan vitamin atau serum ketika rambutmu dalam keadaan lembap agar kandungannya lebih mudah terserap.

3. Keringkan rambut perlahan usai keramas

Ilustrasi mengeringkan rambut. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi mengeringkan rambut. Foto: Shutter Stock

Dilansir Allure, ketika basah, rambutmu berada dalam kondisi paling rentan. Oleh karena itu, kamu harus mengeringkan rambut usai keramas secara lembut.

Jangan menggosok rambutmu yang masih basah dengan handuk. Cukup tepuk-tepuk dan peras batang rambutmu dengan handuk secara perlahan.

Dengan begitu, rambutmu tidak akan mengalami gerakan yang terlalu kasar. Risiko batang rambut patah dan semakin mengembang pun semakin kecil, Ladies.

4. Pakai masker rambut setidaknya seminggu sekali

Ilustrasi perawatan rambut kering dan mengembang usai diwarnai. Foto: Chayathorn Lertpanyaroj/Shutterstock
Ilustrasi perawatan rambut kering dan mengembang usai diwarnai. Foto: Chayathorn Lertpanyaroj/Shutterstock

Rambut diwarnai memang membutuhkan perawatan ekstra. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu mengaplikasikan masker rambut setidaknya satu kali seminggu.

Dikutip dari Allure, masker rambut akan memberikan kelembapan yang lebih ekstra dibandingkan dengan kondisioner yang kamu pakai setiap setelah keramas.

Untuk memperkuat batang rambut yang kering dan mengembang akibat proses pewarnaan, kamu bisa memilih masker rambut yang mengandung keratin. Keratin mampu mengubah porositas rambut dan memperbaiki kerusakan pada batang rambut akibat bahan-bahan kimia keras.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular