Tuesday, April 23, 2024
spot_img

4 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam untuk Peringati Maulid Nabi

Hi!Pontianak – Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang cukup istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab bulan tersebut merupakan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan diperingati sebagai Maulid Nabi.

Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022, dan untuk memperingatinya umat Islam dianjurkan untuk melakukan sejumlah amalan. Melakukan dan memperbanyak amalan-amalan ini sebagai salah satu cara untuk meneladani Rasulullah, mengharap syafaatnya dan mendapat pahala dari Allah SWT.

Mengutip dari laman nu.or.id, memperingati Maulid Nabi memiliki hukum sunah. Karena ini bertujuan untuk meneladani beliau dan bershalawat ke atasnya.

Adapun amalan yang sebaiknya diperbanyak di Maulid Nabi antara lain sebagai berikut:

  1. Bersedekah

Amalan pertama yang sebaiknya diperbanyak adalah bersedekah. Sebenarnya bersedekah tak hanya bisa dilakukan saat Maulid Nabi atau hari-hari besar dalam Islam lainnya, tapi sedekah sebaiknya dilakukan sesering mungkin sesuai dengan kemampuan kita. Bersedekah tak hanya mendatangkan pahala berlipat ganda tetapi juga meningkatkan kesabaran, rasa syukur dan rasa peduli ke sesama. Ini juga melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih murah hati

  1. Berdzikir

Amalan selanjutnya adalah berdzikir pada Allah SWT. Berdzikir adalah salah satu cara untuk lebih dekat dengan sang pencipta. Berdzikir juga menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih beriman dan bertaqwa.

  1. Bershalawat

Bershalawat sebaiknya juga diperbanyak untuk memperingati Maulid Nabi. Kamu bisa bershalawat kapan saja.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS. Al Ahzab: 56).

  1. Meneladani Sunah Rasul

Amalan selanjutnya adalah meneladani sunah Rasul. Cobalah untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan sunah Rasul dan anjuran dalam Al–Quran. Karena sebaik-sebaik sikap dan perbuatan adalah yang sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah dan diperintahkan dalam Al-Quran.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular