Thursday, May 23, 2024
spot_img

337,88 Kilogram Sisik Trenggiling Diperdagangkan, Vonis Hukuman 2 Terdakwa Jadi Sorotan

Pontianak Today – Pengadilan Negeri Sintang menjatuhkan vonis penjara dan denda kepada dua terdakwa perdagangan 337,88 kilogram sisik trenggiling pada Senin (1/4/24).

Budiyanto dijatuhi vonis kurungan penjara selama 1 tahun 8 bulan dengan denda Rp 20 juta. Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Sintang yang meminta terdakwa dipenjara 1 tahun 10 bulan denda Rp 20 juta.

Sementara terdakwa Adrianus Nyabang yang merupakan pensiunan TNI dijatuhi vonis kurungan penjara selama 8 bulan dan denda sebesar Rp 20 juta. Vonis tersebut juga lebih rendah dari tuntutan JPU yang meminta terdakwa dijatuhi hukuman 10 bulan penjara dengan denda Rp 20 juta.

Keduanya dinyatakan bersalah karena memperdagangkan sisik trenggiling sebagaimana diatur dalam Pasal 21 Ayat (2) huruf d Jo. Pasal 40 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Kami menyatakan pikir-pikir merespon vonis Pengadilan, karena perkara ini dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, kami juga meminta petunjuk dari mereka supaya tidak salah. Apalagi ada waktu pikir-pikir selama 7 hari,” ujar JPU Kejari Sintang, Budi Murwanto.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular