Thursday, April 18, 2024
spot_img

Pemilihan Pemuda Pelopor, Ayu Andira Asal Sekadau Wakili Kalbar

Hi!Sekadau – Ayu Andira, perempuan berusia 30 tahun asal Kabupaten Sekadau, terpilih sebagai pemuda pelopor yang akan mewakili Kalbar ke tingkat nasional. Hasil tersebut didapatnya usai mengikuti serangkaian seleksi yang digelar di tingkat provinsi Kalbar.

Ayu sendiri bergeliat di bidang sosial, agama dan budaya lewat organisasi Lawang Kuari Sedekah (Lawas). Dari 20 peserta, Ayu, merupakan satu di antara lima peserta pemuda pelopor lainnya yang berhak mewakili Kalbar ke tingkat nasional.

“Pastinya senang karena bisa membawa harum nama Kabupaten Sekadau mewakili provinsi Kalbar ke tingkat nasional,” ujar Ayu kepada Hi!Pontianak, Kamis, 16 Juni 2022.

Ayu memaparkan bedanya Lawas dengan organisasi sosial lainnya. Lawas secara aktif menyalurkan beras secara langsung kepada masyarakat prasejahtera. Beras tersebut adalah beras lokal yang dibeli oleh Lawas bersumber dari dana para donatur.

“Kami terjun langsung ke lapangan, tidak ada pihak ketiga. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan. Di samping itu juga, kita ingin membantu para petani dengan membeli beras mereka,” ucap Ayu.

“Lawas sendiri sudah bekerja sama dengan BUMDes sebagai distributor beras yang dihimpun dari para petani. Dengan begini kita ingin membantu para petani untuk lebih sejahtera,” timpalnya.

Pemilihan Pemuda Pelopor, Ayu Andira Asal Sekadau Wakili Kalbar (1)
Ayu Andira (lima dari kiri) terpilih sebagai pemuda pelopor untuk mewakili Kalbar ke tingkat nasional. Foto: Dok. Lawas Sekadau

Ayu memastikan seluruh dana dari para donatur sepenuhnya dikelola untuk membeli beras yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat prasejahtera. Sementara, untuk operasional, organisasi yang dinakhodai oleh Erdy Mushardy ini menarik iuran setiap bulan dari anggotanya.

“Kami secara aktif menyampaikan laporan keuangan kami lewat media sosial Lawas Sekadau. Ini juga sebagai wujud transparansi kami kepada masyarakat, terutama para donatur,” beber Ayu.

Untuk lomba pemuda pelopor di tingkat nasional, Ayu belum mengetahui jadwal pastinya. Namun, ia akan terus mempersiapkan diri di lomba pemuda pelopor di tingkat nasional nantinya.

Ayu mengucapkan terima kasih kepada pengurus Lawas lainnya yang sudah bekerja keras hingga bisa unjuk gigi di tingkat provinsi Kalbar hingga nasional. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemda dan Kabid Kepemudaan Disporapar Kabupaten Sekadau.

“Harapan ke depan, pemda Sekadau bisa menyeleksi, memilih pemuda-pemudi untuk mengikuti event seperti ini. Karena banyak sekali potensi SDM di Sekadau, hanya saja belum digali secara maksimal,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular