Thursday, February 22, 2024
spot_img

Nama Jokowi Jadi Media Transaksi Jual Beli di Arab Saudi

Hi!Pontianak – Berbagai cara dilakukan para penjual dan pemilik toko di Mekah, Arab Saudi untuk menarik minat jemaah asal Indonesia agar berbelanja di toko mereka. Salah satunya dengan kemampuan bahasa.

Bahkan untuk menarik para jemaah asal Indonesia, beberapa pedagang menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini agar para jemaah berbelanja oleh-oleh di tokonya. Seperti yang baru-baru terekam dalam video yang diunggah akun TikTok @boysanbs.

Baca Juga

Viral, Emak-emak Marahi Mahasiswa yang Tutup Jalan saat Demo Tolak Kenaikan BBM

Viral Aksi Pencurian Ditoko, Pelaku Tak Sadar Terekam CCTV

Aksi Lucu Bocah Saat Ajarkan Adiknya Mengucapkan Bacaan Huruf Hijaiyah

Dalam video tersebut tampak sejumlah pedagang baju sedang berjualan di jalanan Mekah. Uniknya, para pedagang disana menggunakan nama Jokowi sebagai media transaksi jual-beli.

Belanja di Arab bisa pakai nama Jokowi, real ini nyata,” tulis akun tersebut dikutip Hi!Pontianak, Selasa, 13 September 2022.

Perekam video menurut alasan para pedagang meneriaki nama Presiden Jokowi untuk memudahkan masyarakat Indonesia berbelanja di sana. Mereka menggunakan nama Jokowi sebagai penganti kata rupiah.

Gue nggak tau kenapa Jokowi disini terkenal banget. Bahkan untuk belanja aja rupiah itu diganti nama Jokowi,” ujar pria perekam video.

Jadi kalau mau belanja, kita tanya berapa harga Jokowi gitu. Pasti yang jawab ada yang Rp50.000, Rp100.000. Agak sedikit unik sih saking terkenalnya nama Joko Widodo,” imbuhnya.

https://www.tiktok.com/@boysanbs/video/7140506643934088474?_t=8VdZTeIb9Xd&_r=1

Ternyata bukan hanya nama Jokowi yang kerap dipakai oleh pedagang Arab Saudi saat berjualan. Namun, nama artis terkenal Indonesia lainnya juga dipakai oleh pedagang Arab. Nama artis Indonesia yang biasa disebutkan oleh pedagang di Arab Saudi seperti Luna Maya dan Syahrini. Meski begitu, nama Jokowi yang paling terkenal di antara semua.

Video viral pengalaman belanja di Arab Saudi memyebutkan nama Jokowi menarik perhatian warganet. Rupanya beberapa warganet pernah memiliki pengalaman serupa.

Cerita yang sama dari nyokap yang kemarin habis haji. Kalau belanja cuma nyebutin ‘Jokowi’ dan penjual kasih harga rupiah,” ungkap warganet.

Fyi itu mereka cuma buat narik pelanggan. Enggak cuma Pak Jokowi yang disebut banyak nama-nama terkenal di Indonesia yang disebut juga biasanya,” ujar yang lain.

Pulang dari masjid lewat toko-toko baju sekitar hotel, pasti dipanggil Ayu Ting-Ting ayo mampir,” kata warganet lainnya.09:24

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular