Sunday, June 23, 2024
spot_img

Mural Kawasan Pecinan di Jalan Gajahmada Pontianak Dirusak Aksi Vandalisme

Hi!Pontianak – Hal tak mengenakan terjadi di kawasan pecinan, yang berlokasi di Jalan Gajahmada, Pontianak. Kawasan wisata yang dipenuhi mural tersebut tampak dirusak oleh orang tak bertanggung jawab melalui aksi vandalisme pada Kamis, 8 September lalu.

Pantauan Hi!Pontianak dilokasi, Sabtu, 10 September 2022, dinding mural yang sarat akan kehidupan warga Tionghoa itu dirusak oleh orang tak bertanggung jawab (OTK). Beberapa bagian dinding tampak ada bekas goresan panjang dari benda tajam.

Beberapa sisi dinding juga ditemukan tulisan-tulisan khas aksi vandalisme. Selain itu, tak hanya goresan dari benda tajam dan tulisan, dinding samping gerbang gang juga dikotori dengan lumpur.

kawasan pecinan di Pontianak dirusak oleh aksi vandalisme. Foto: Lydia/Hi!Pontianak

Penggerak Pecinan Pontianak, Herfin Yulianto mengatakan rusaknya kawasan wisata tersebut sudah kali kedua terjadi. Pada kejadian pertama ia berfikir tidak akan terulang kembali. Namun nyatanya kerusakaan yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab tersebut berulang.

“Kerusakan ini saya ketahui hari kamis pagi, pas lagi mau bersih-bersih sekitar lokasi. Ini dah dua kali terjadi dan ini lebih parah,” katanya.

Herfin mengaku diriya sedih lantaran mural yang dibangun bersama yang menggambarkan kehidupan warga tioghua itu kini hilang keindahannya.

“Saya merasa sedih, apa yang kita bangun bersama-sama milik fasilitas umum kok dirusak. Baik saya, atau teman-teman saya itu kayaknya nda berarti. Benar-benar sedih,” ungkapnya.

kawasan pecinan di Pontianak dirusak oleh aksi vandalisme. Foto: Lydia/Hi!Pontianak

Hingga kini pelaku kerusakan kawasan pecinan tersbeut masih dalam pencarian. Atas kejadian ini, Herfin turut mengajak seganap elemen untuk bersama-sama menjaga fasilitas atau destinasi yang ada karena lokasi ini memiliki dampak yang positif bagi kota pontianak khususnya warga yang berada disekitar lokasi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular