Saturday, November 2, 2024
spot_img

Lewat Program Reaksi, XLFL Perkuat Kontribusi Start-up ke Mahasiswa dan Masyarakat 

Hi!Pontianak – XL Axiata Future Leaders, program Corporate Social Responsibility
(CSR) dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah merampungkan program Rumah Akselerasi
Inovasi (REAKSI). Melalui program ini, XLFL melatih kalangan anak muda aktif yang
mengelola organisasi mahasiswa dan juga start-up (bisnis rintisan) guna memperkuat
kontribusi mereka kepada masyarakat.

Berlangsung selama tiga bulan sejak Maret 2022, REAKSI diikuti oleh total 110 perwakilan dari organisasi dan start-up.

Seperti saat peluncuran, Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan
merangkap Republik Tajikistan, Dr. Mochammad Fadjroel Rachman, kembali hadir sebagai
keynote speaker di acara penutupan program di Jakarta, Sabtu, 25 Juni 2022. Selain itu,
hadir juga Chief Corporate Affairs XL Axiata,  Marwan O. Baasir. 

“Rumah Akselerasi Inovasi mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan melalui workshop interaktif dan tantangan berdasarkan kurikulum yang telah dibentuk berdasarkan riset pada kebutuhan pengembangan kelompok. Selama tiga bulan, antusiasme dan komitmen para REAKSI Awardees diuji melalui berbagai aspek dan
kriteria. Tidak berhenti disana, XL Axiata juga mendanai proses implementasi ide yang
berfokus pada proyek sosial demi memberikan dampak positif dan nyata bagi masyarakat
dan lingkungan,” ungkap Marwan dalam keterangan rilis yang diterima Hi!Pontianak, Jumat, 1 Juli 2022.

Baca Juga

Axiata dan XL Axiata Selesaikan Akuisisi 66,03 Persen Saham Link Net

Aplikasi MyPertamina Dibanjiri Ulasan Jelek dan Bintang 1

Marwan melanjutkan, implementasi ide yang dimaksud dilakukan di beberapa aspek
kehidupan masyarakat yaitu, aspek lingkungan terdapat gerakan menanam mangrove,
aspek edukasi mulai dilakukan pembelajaran seperti ekonomi syariah, aspek sosial juga
sudah bergerak dengan masuk ke pedalaman desa dan mengajar, dan tentu banyak
lainnya. Menurutnya, apa yang ditunjukkan para peserta di pelatihan membuat XL Axiata
yakin bahwa anak-anak muda Indonesia memiliki visi yang kuat untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di mana pun mereka berada melalui karya dan berbagai jenis aktivitas produktif mereka. Hal tersebut sesuai dengan visi program REAKSI, yaitu berbagi, berkarya, dan berdampak #BersamaXLFL.

Hadir sebagai salah satu pelopor “Organization Development Program” di Indonesia,
REAKSI didesain sebagai pelatihan bagi organisasi atau startup di Indonesia agar dapat
meningkatkan kualitasnya sebagai wadah pembelajaran bagi anak muda Indonesia. Melalui
proses seleksi yang ketat, 110 tim telah terpilih dari 248 pendaftar. Selanjutnya, pada akhir
program REAKSI 2022, terpilih empat tim yang berhasil menunjukkan kegigihannya untuk
berkembang dan membawakan inovasi terbaik. Terpilih Abroadening Indonesia di kategori
organisasi dan Catika Group di kategori startup sebagai Best Overall Performance. Bersama
mereka terpilih juga Collective Mind di kategori organisasi dan Puna Indonesia di
kategori startup sebagai Best Idea Implementation. Para pemenang tersebut selanjutnya
akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang tunai untuk mengakselerasi
pengembangan organisasi dan startup mereka.

Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, Dr. Mochammad Fadjroel Rachman (paling bawah) saat menjadi keynote speaker di acara penutupan program Rumah Akselerasi Inovasi (REAKSI) di Jakarta, Sabtu, (25/6). Hadir juga Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir (kiri). Program REAKSI melatih kalangan anak muda aktif yang mengelola organisasi mahasiswa dan juga start-up (bisnis rintisan) guna memperkuat kontribusi mereka kepada masyarakat. Foto : Dok. Hi!Pontianak

Merujuk pada laporan Startup Ranking, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara
dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Tercatat 2.345 startup tersebar di dalam negeri
hingga 11 April 2022. XLFL melihat, kuantitas dari pertumbuhan startup maupun organisasi
akan terus bertambah di masa depan.

Materi belajar di pelatihan XLFL ini terdiri dari Business Acumen, Proposal Arrangement,
Design Thinking, Digital Marketing, serta Pitching Presentation.  Para pengajar adalah para
ahli di bidang yang berkaitan erat dengan materi pelatihan. Mereka antara lain merupakan
praktisi serta sosiopreneur serta profesional di perusahaan nasional maupun multinasional.  
Materi-materi REAKSI tersebut diharapkan akan menjawab isu-isu pengelolaan sumber
daya manusia yang dialami oleh organisasi/startup, seperti kemampuan berinovasi dan
tanggap dalam melihat peluang. Ilmu yang didapatkan dari pelatihan yang diselenggarakan
oleh XLFL tersebut bisa mereka manfaatkan dalam pengembangan organisasi dan bisnis,
atau pun membangun strategi organisasi secara komprehensif.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular