Sunday, June 23, 2024
spot_img

Konser BLACKPINK Tak Bisa di GBK, Menpora: Harus Steril untuk Piala Dunia

Hi!Pontianak – Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tidak akan bisa dipakai Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala AFF 2022. Stadion di Senayan, Jakarta, tersebut juga tak boleh dipakai untuk konser Blackpink. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Pasalnya, GBK akan dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Jadi, semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA, November ini akan mulai direnovasi,” tutur Menpora kepada wartawan di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/11).

“Saya bisa pastikan itu tidak mungkin [konser]. Kami sudah menyatakan kesediaan ke FIFA bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan,” sambungnya.

Baca Juga

Blackpink akan Gelar Konser di GBK 11-12 Maret 2023

Treasure Akan Sapa Penggemar Indonesia di Saranghaeyo Indonesia 2022

Konser Blackpink akan digelar pada Maret 2023 mendatang, sementara itu Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF pada 22 Desember hingga 22 Januari 2023 nanti.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai memberikan mata kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes Semarang, Senin (26/9). Foto: Intan Alliva/kumparan
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai memberikan mata kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes Semarang, Senin (26/9). Foto: Intan Alliva/kumparan

Piala AFF 2022 nanti akan memainkan laga kandang-tandang. Setiap tim akan memainkan 4 laga di fase grup, dua di kandang dan dua tandang. Akan tetapi, Timnas tak bisa menggunakan Stadion GBK.

“Tidak boleh [Timnas pakai Stadion GBK]. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk renovasi, itu sudah ditujukan untuk Piala Dunia,” kata Zainudin.

“Bagi yang sudah selesai [direnovasi], itu tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain. Itu clear betul. GBK itu, kan, punya negara. Tinggal bicara ke Mensesneg,” sambungnya.

Pala Dunia U-20 akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Indonesia yang menjadi tuan rumah menyediakan enam venue untuk gelaran tersebut.

Selain Stadion GBK, ada Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Zainudin mengatakan Timnas Indonesia punya banyak pilihan venue untuk bermain setelah GBK dilarang untuk dipakai. Menurutnya, banyak stadion yang masih tersedia.

“Kan banyak yang enggak dipakai, kayak Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan enggak dipakai,” pungkas Zainudin.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular