Tuesday, April 23, 2024
spot_img

Ini Penyebab Perempuan Sering Alami Mood Swing saat PMS

Hi!Pontianak – Premenstrual syndrome atau PMS merupakan tanda-tanda yang muncul sebelum menstruasi. Biasanya PMS ditandai dengan sakit kepala, perut kram, dan perubahan suasana hati atau mood swing. Mood swing sendiri merupakan perubahan mood atau suasana hati secara tiba-tiba yang tidak bisa dijelaskan.

Mungkin ketika bangun tidur, mood kamu sedang baik-baik saja, namun bisa jadi 1 atau 2 jam kemudian kamu menjadi mudah marah dan mudah tersinggung.

dr. Nadia Alaydrus, dalam unggahan di media sosialnya menjelaskan penyebab perempuan mengalami mood swing saat PMS. Terjadinya mood swing saat PMS dihubungkan dengan fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus menstruasi.

Baca Juga

4 Ciri-ciri Anak Mengalami Menstruasi Pertama yang Harus Ibu Ketahui

5 Penyebab Perempuan Lebih Bergairah Untuk Bercinta Jelang Menstruasi

Pada saat menjelang menstruasi, kadar hormon estrogen dan hormon progesteron di dalam tubuh menurun. Pergeseran hormon inilah yang menyebabkan adanya gejala fisik dan juga emosional.

Ilustrasi perempuan alami menstruasi. Foto: Shutterstock.

Selain itu, perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron ini dapat memengaruhi hormon serotonin, di mana hormon ini merupakan neurotransmitter yang membantu meregulasi suasana hati, siklus tidur, dan nafsu makan.

Kadar hormon serotonin yang rendah dihubungkan dengan perasaan sedih, mudah marah, sulit tidur, dan food craving . Hal inilah yang membuat perempuan cenderung lebih moody atau mengalami mood swing saat menjelang menstruasi.

Mood swing saat PMS juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti, situasi stres, pekerjaan yang menumpuk, bertengkar dengan pasangan atau teman, hingga kegiatan yang sudah direncanakan tidak berjalan sesuai rencana. Faktor ini membuat tubuh kekurangan banyak hormon endorfin (hormon mood bahagia) sehingga menyebabkan perubahan mood yang buruk.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular