Tuesday, April 23, 2024
spot_img

Ini Lokasi SPKLU Pertama di Singkawang yang Baru Diresmikan PLN

Hi!Pontianak – Sebagai wujud dukungan PLN dalam memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik, General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, meresmikan penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di halaman Kantor PLN UP3 Singkawang, Jalan Alianyang No. 71 Kota Singkawang, pada Senin, 29 Agustus 2022.

Peresmian SPKLU berkapasitas 60 kW ini juga dirangkai dengan kegiatan city tour kendaraan listrik (mobil, motor, dan sepeda listrik), sekaligus menandai peresmian Komunitas Electric Vehicle SingBeBas, dilanjutkan dengan peresmian layanan kelistrikan di Gerai Mall Pelayanan Publik (MPP) di Grand Mall Singkawang.

General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, mengatakan membangun fasilitas SPKLU merupakan komitmen PLN dalam mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu.

SPKLU kini telah hadir di Kota Singkawang. Foto: Dok. PLN Kalbar
SPKLU kini telah hadir di Kota Singkawang. Foto: Dok. PLN Kalbar

“Hingga saat ini PLN sudah mengoperasikan lebih dari 332 unit SPKLU yang tersebar diberbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. Sementara SPKLU ini merupakan yang pertama di Kota Singkawang, dan yang kedua yang ada di Kalimantan Barat,” ungkap Ari.

Dikatakannya, melalui kegiatan peresmian SPKLU dan city tour dengan menggunakan mobil, motor, dan sepeda listrik ini mampu menstimulasi warga Kota Singkawang untuk lebih mengenal dan tertarik untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik karena memang terbukti lebih efisien, praktis dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Cui Mie, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan agar masyarakat semakin familiar dengan kendaraan listrik yang telah didukung oleh PLN dengan diresmikannya SPKLU pertama di Kota Singkawang.

“Kami sangat mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan kemudahan bagi pengguna dan pemilik kendaraan listrik. Keberadaan SPKLU di Kota Singkawang ini selaras dengan tujuan Pemkot Singkawang dalam mewujudkan kota yang modern dan green energy,” ungkap Tjhai Cui Mie.

City tour kendaraan listrik di Kota Singkawang. Foto: Dok. PLN Kalbar
City tour kendaraan listrik di Kota Singkawang. Foto: Dok. PLN Kalbar

Ia juga menyebutkan, dengan adanya kerja sama dan pembukaan layanan kelistrikan dari PLN di Gerai Mall Pelayanan Publik di Grand Mall Singkawang, maka pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan.

Senada, Santoso (51), salah satu pemilik mobil listrik di Singkawang, mengatakan bahwa kendaraan listrik yang digunakannya sangat efisien dan ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

ADVERTISEMENT

“Mobil listrik ini juga mudah dalam pengoperasiannya. Dengan performa yang tidak kalah dengan mobil berbahan bakar minyak, saya pikir mobil listrik sangat recommended untuk dijadikan kendaraan keluarga,” tutur Santoso.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular