Sunday, June 23, 2024
spot_img

Ini 10 Hal yang Sebaiknya di Lakukan Sebelum Berusia 30 Tahun

Hi!Pontianak – Banyak yang mengatakan memasuki usia 30 tahun sama dengan memasuki era baru dalam kehidupan. Intinya, di usia 30 seringnya kita diharapkan sudah jadi pribadi yang dewasa dan tidak bisa main-main lagi dalam mengambil keputusan.

Hal inilah yang membuat siapa pun, termasuk perempuan, jadi khawatir ketika usianya sudah menjelang 30 tahun. Adanya tekanan untuk punya pekerjaan dan penghasilan tetap, tuntutan sosial untuk menikah di usia tertentu, dan lain-lain bisa menjadi momok tersendiri.

Padahal, usia hanyalah angka. Oleh karena itu, kalau kamu sekarang berusia 20-an tahun, artinya kamu sudah memegang kendali penuh atas diri kamu sendiri. Jadi ini adalah saat yang tepat untuk mencoba berbagai hal.

Nah, sebelum berusia 30 tahun, ada hal-hal yang wajib kamu lakukan. Hal-hal ini biasanya berupa kesenangan dan bermulanya kebiasaan baru yang positif dan bisa kamu lanjutkan seumur hidup. Bahkan, hal ini dianggap bisa mengubah hidup kamu nantinya.

Penasaran ada apa saja? Dilansir dari berbagai sumber, ini dia 10 hal yang wajib kamu lakukan sebelum usia 30 tahun.

1. Solo traveling

Ilustrasi solo traveling. Foto: Shutterstock
Ilustrasi solo traveling. Foto: Shutterstock

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum usia 30 adalah jalan-jalan sendiri alias solo traveling. Kegiatan ini bisa membantu kamu jadi lebih mandiri karena saat solo traveling, kami diharuskan untuk mengatur segala hal sendiri. Mulai dari transportasi, penginapan, makan, dan lain-lain.

Segi positifnya, kamu bisa mengunjungi semua tujuan tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Kegiatan jalan-jalan kamu akan fokus menyenangkan diri sendiri. Selain itu, Ladies juga bisa berkesempatan berkenalan dengan orang-orang baru yang kamu jumpai selama perjalanan.

2. Ambil kelas kursus untuk belajar hal baru

Ingat usia tak membatasi kita untuk belajar hal-hal baru. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mencoba ikut kursus yang bisa menambah skill alias kemampuan.

Ladies bisa belajar bahasa asing yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Tak cuma itu, kamu juga bisa mempelajari lebih dalam hobi atau kesenangan yang selama ini hanya dijalani sesekali. Misalnya memasak, membuat kerajinan tangan, berkebun, menyelam, berenang, mengendarai mobil atau sepeda motor, sepeda, dan lain-lain.

3. Melakukan make over penampilan

Ilustrasi rambut ombre. Foto: Focus and Blur/Shutterstock
Ilustrasi rambut ombre. Foto: Focus and Blur/Shutterstock

Jangan disepelekan, melakukan make over atau mengubah penampilan juga penting, lho, Ladies. Mungkin kalau biasanya kamu selalu tampil dengan gaya rambut panjang, ini adalah saatnya kamu potong rambut model bob atau lebih pendek lagi. Ladies juga bisa coba pakai poni atau mewarnai rambut.

Buat yang berhijab, mungkin kamu bisa mencari model hijab baru, seperti gaya turban atau memakai hijab kekinian dengan pashmina.

Untuk makeup, Ladies juga bisa coba-coba pakai lipstik berwarna lebih bold kalau biasanya senang pakai warna-warna lembut.

4. Berhenti mengkhawatirkan usia

Age is just a number adalah ungkapan yang tepat untuk menjelaskan bagian yang satu ini. Kekhawatiran tentang bertambahnya usia seringnya terjadi karena kita merasa tidak muda lagi dan kadang dibarengi dengan perasaan belum bisa memberikan dampak positif apa pun dalam hidup.

Ditambah lagi, memasuki dekade baru mungkin juga banyak dikaitkan dengan pencapaian. Pertanyaan seperti, ‘Apa yang sudah aku miliki di usia ini?’ atau membandingkan pencapaian diri dengan orang lain juga bisa jadi beban tersendiri. Padahal, kamu tidak perlu merasa seperti itu. Sebab setiap orang memiliki perjalanan masing-masing. Jadi kamu tak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

5. Mencoba punya rutinitas pagi

Morning routine atau rutinitas ini penting juga. Coba seberapa sering kamu bangun tidur dalam keadaan panik karena takut terlambat atau merasa stres karena langsung mengerjakan pekerjaan?

Kalau diteruskan, kondisi tersebut akan membuat kamu mudah burnout dan selalu mengawali hari dengan hal yang kurang menyenangkan. Hal ini bisa diatasi kalau kamu punya rutinitas pagi,

Jadi biasakan diri bangun tidur tidak langsung melihat gadget, kemudian minum segelas air putih, pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil dan cuci muka. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan olahraga ringan atau menyiapkan sarapan.

Tiap harinya, coba luangkan waktu 30-45 menit untuk melakukan rutinitas pagi ini sebelum akhirnya memulai bekerja. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hari lebih tenang dan tidak mudah stres.

6. Memperhatikan kesehatan reproduksi

Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Shutterstock
Ilustrasi periksa kesehatan. Foto: Shutterstock

Selain mengetahui apa yang bisa membuat kamu orgasme, memahami kesehatan reproduksi juga penting. Sebelum usia 30, kamu sudah harus rajin mengecek kesehatan vagina. Kenali tubuh kamu supaya langsung tahu jika terjadi perubahan.

Periksakan diri ke obgyn untuk mengetahui kesehatan reproduksi secara menyeluruh agar bisa melakukan pencegahan lebih awal jika terdapat sesuatu yang mencurigakan.

Ladies juga bisa melakukan vaksin untuk mencegah kanker serviks, hingga rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri supaya bisa mendeteksi dini kanker payudara.

7. Melakukan sesuatu yang menakutkan atau menantang

Ilustrasi diving. Foto: Shutterstock
Ilustrasi diving. Foto: Shutterstock

Temukan aktivitas yang membuat kamu merasa tertantang atau yang selama ini kamu coba tapi tidak berani. Misalnya sky diving, marathon, berenang dengan hiu, diving, wall atau rock climbing, snorkeling, paralayang, atau aktivitas ekstrem lainnya yang membuat adrenalin terpacu.

Selain itu, Ladies juga bisa mencoba merajut. Jangan salah, meski terkesan sepele, merajut bukan hal mudah untuk dilakukan, lho. Tekniknya yang cukup rumit bisa membuat kamu mudah menyerah karena tidak telaten. Nah, kalau ingin melatih kesabaran sambil menantang diri, kamu bisa memulai dengan merajut.

8. Pilih olahraga yang tepat

Makin dewasa, bisa jadi kesibukan kita makin bertambah. Namun kondisi kesehatan bisa jadi malah menurun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk punya rutinitas olahraga yang tepat.

Ketahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Misalnya kamu sering merasa sakit di area pundak, maka temukan olahraga yang khusus melatih area tersebut. Coba juga olahraga lain untuk menyeimbangi.

Ladies bisa mencoba yoga, pilates, hingga lari yang terkenal tak cuma menyehatkan tubuh tapi juga mengolah pernapasan, dan membantu mengatasi stres.

Tapi kalau kamu lebih suka olahraga di gym dengan melakukan angkat beban atau menggunakan alat lain, kamu bisa terus menekuninya. Lakukan seminggu tiga kali dan jadikan sebagai rutinitas.

9. Menyusun budget bulanan

Wah, ini tak boleh ketinggalan, Ladies. Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab kita pun juga meningkat. Biasanya ini disebabkan karena perubahan status, misalnya dari single menjadi menikah dan punya anak.

Selain itu, kalau kamu masuk kategori generasi sandwich yang jadi tumpuan keluarga, menyusun budget keuangan juga jadi hal wajib yang harus dilakukan. Kamu bisa melakukannya setiap usia terima gaji.

Susun rencana keuangan bulanan, mingguan, dan harian agar kantung kamu tetap aman. Ini juga bisa memudahkan kamu supaya bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan, investasi, hingga dana darurat.

10. Jadi relawan untuk isu yang diyakini

Ilustrasi gaya hidup ramah lingkungan. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi gaya hidup ramah lingkungan. Foto: Shutter Stock

Masing-masing dari kita tentu memiliki nilai-nilai hidup yang diyakini. Sebagian dari kamu mungkin ada yang peduli dengan lingkungan atau memperjuangkan hak-hak perempuan, sehingga perlu bagi kamu untuk terlibat melakukan aksi nyata.

Nah, hal-hal seperti ini bisa mulai kamu lakukan sebelum memasuki usia 30. Kamu bisa memulai dengan menyuarakan dua isu yang paling jadi concern lewat media sosial atau langsung diterapkan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa menjadi relawan di komunitas terkait.

Dengan begitu, hidup kamu akan terasa lebih bermanfaat dan kamu bisa membantu mengubah dunia jadi lebih baik sesuai dengan keyakinan yang kamu miliki.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular