Thursday, July 25, 2024
spot_img

Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi di Kalbar sampai 17 Oktober 2022

Hi!Pontianak – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalbar, memprakirakan hujan dengan intensitas sedang – lebat masih terjadi di hampir seluruh wilayah Kalimantan Barat sampai tanggal 17 Oktober 2022 mendatang.

Delapan wilayah Kalbar bagian barat yang diprediksi akan dilanda hujan sedang-lebat diantaranya adalah Kabupaten atau Kota Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Pontianak, Mempawah, Bengkayang, Singkawang, dan Sambas.

Sementara itu untuk wilayah bagian Tengah hingga Timur seperti Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu berpotensi berkurang intensitas hujannya pada tanggal 12-15 Oktober 2022, namun berpotensi meningkat kembali pada tanggal 16-17 Oktober 2022.

“Berdasarkan laporan BPBD Provinsi Kalimantan Barat, genangan / banjir masih terjadi di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Nanang Buchori selaku Kepala Stasiun Meteorologi Supadio.

Dengan kondisi tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat yang saat ini masih terdampak banjir untuk terus meningkatkan kewaspadaan potensi masih akan terus berlangsungnya banjir atau genangan yang terjadi.

“Sehingga perlunya meningkatkan kewaspadaan potensi bencana hidrometeorologi berupa genangan, banjir ataupun tanah longsor pada wilayah tersebut,” ujarnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular