Monday, June 24, 2024
spot_img

Gempa Guncang Ketapang Kalbar, Tak Berpotensi Tsunami Warga Diminta Waspada

Hi!Ketapang – Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, diguncang gempa berkekuatan 5 magnitudo. Pusat gempa berada sekitar 25 km dari Pantai Kecamatan Kendawangan.

Guncangan gempa terasa selama 5 detik, dan terjadi sekitar pukul 05.13 WIB. Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Heru Sukoco, mengatakan, gempa ini terjadi di sekitar 25 km dari Pantai Kecamatan Kendawangan, dengan kedalaman gempa berada 10 km di dasar laut.

“Waktu terjadinya gempa adalah pukul 05:09:42 WIB dan informasi dimutakhirkan pada pukul 05:13:30 WIB. Untuk lokasi, menurut data masuk ke Desa Keramat Jaya, atau 25 km dari Pantai,” katanya.

Baca Juga

Gempa Diketapang, Warga Kendawangan : Kayak ada Truk Lewat Depan Rumah

Heru melanjutkan, meskipun kurang dari 5 detik namun gempa tersebut cukup terasa, hingga wilayah padat penduduk di Kecamatan Delta Pawan, yang berjarak kurang lebih 85 km dari pusat gempa.

“Gempa ini skala Modified Mercalli Intensity (MMI-red) atau masuk ke dalam kategori III – IV, yang berarti getaran dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, tetapi tidak mengakibatkan kerusakan yang signifikan,” terangnya.

Untuk itu, Heru mengimbau agar masyarakat tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan untuk dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbaunya. (Omar)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular