Thursday, April 18, 2024
spot_img

Edi Kamtono Pastikan PMK pada Sapi di Pontianak Bisa Diantisipasi

Hi!Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memastikan kondisi sapi di Kota Pontianak, khususnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah dapat diantisipasi. Apalagi, kebutuhan akan daging sapi menjelang Idul Adha 1443 H meningkat.

“Sebenarnya sudah diantisipasi yang penting kiriman sapi dari luar dapat dikontrol. Mudah-Mudahan dalam waktu dekat ketersediaan daging sapi dan kambing terpenuhi,” kata Edi, Senin 13 Juni 2022.

Edi menjelaskan, hingga hari ini, setiap sapi di Kota Pontianak terus dilakukan penyembuhan. Tindakan itu berdasarkan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Kalbar dan ahli hewan. “Kita bisa proteksi dari luar,” ujar dia.

Selain itu untuk mencegah terjadinya penyebaran kepada hewan lainnya, Edi meminta dinas terkait untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalbar agar dilakukan karantina terhadap hewan ternak yang masuk.

Edi menyebut, meski penyakit ini tidak menular pada manusia, namun dia ingin setiap hewan ternak yang ada di Kota Pontianak tetap dalam keadaan sehat.

“Perlu pengawasan ekstra, karena sudah beberapa kali penyakit ini masuk ke Kalbar. Tentu sudah ada mekanisme penanganan. Yang penting ternaknya sehat, dicek sumber penyakitnya dari mana,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin menambahkan, perlunya karantina kiriman sapi dari Jawa. Dia menyebut, pihaknya melalui Komisi II akan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mencari solusi terbaik.

“Semoga dinas terkait segera melakukan antisipasi. Apalagi menjelang Idul Adha, libatkan dokter hewan juga,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular