Thursday, July 25, 2024
spot_img

Cuaca Ekstrem di Kalbar Masih Berlangsung hingga 3 Agustus 2022

Hi!Pontianak – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di wilayah Kalbar yang diprakirakan masih akan terus berlangsung hingga 3 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori dalam siaran rilis menyampaikan, diprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat pada periode tanggal 27 Juli 2022 sampai dengan 03 Agustus 2022.

Potensi hujan lebat yang dapat memicu terjadinya genangan, banjir ataupun tanah longsor selama 1 minggu ke depan diprakirakan dominan terjadi di sebagian Kabupaten atau Kota Ketapang, Kayong Utara, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu.

Selain itu pasang air laut di Pesisir Barat Kalimantan Barat diprakirakan berada pada fase puncaknya pada tanggal 27-30 Juli 2022 Pukul 18.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Diprakiran tinggi pasang air laut maksimum di sekitar Kota Pontianak setinggi 1.7 meter, sementara di sekitar Kendawangan, Kab. Ketapang maksimum pasang air laut setinggi 1.8 meter. Sehubungan dengan diprakirakan pada periode yang sama juga terdapat potensi hujan lebat, maka perlunya mewaspadai potensi terjadinya banjir rob ataupun genangan di wilayah Pesisir Barat Kalimantan Barat.

Sementara itu, periode yang sama tinggi gelombang diprakirakan juga terjadi peningkatan. Diimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular