Tuesday, April 23, 2024
spot_img

Begini Cara Menyambungkan Rekening dan E-Wallet ke Kartu Prakerja

Hi!Pontianak – Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang dibuat untuk mengembangkan potensi kerja bagi pekerja/buruh yang mencari kerja, kena PHK, atau yang membutuhkan kompetensi kerja. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan dan meningkatkan produktivitas.

Kalau tertarik mendaftar program Prakerja ini, kamu setidaknya harus berumur 18 tahun ke atas, tidak sedang mengikuti pendidikan formal, dan dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya maksimal 2 NIKyang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga

Cara Cek Usia Mental yang Sedang Viral di Medsos

Cara Bikin NGL Link di Instagram Story, Kirim Pertanyaan Secara Anonim

Cara Daftar Clickworker, Situs Lowongan Kerja Freelance yang Sedang Viral

Kalau kamu sudah memenuhi syarat untuk menerima kartu prakerja. Kamu bisa langsung mendaftar melalui tautan prakerja.go.id. Setelah lolos seleksi, kamu akan mendapat insentif. Kamu bisa mencairkan insentif melalui rekening (BCA dan BNI) atau e-wallet.

Nah, untuk Kartu Prakerja yang akan berlanjut di 2023 nantinya, pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp 4,2 juta per individu.

Adapun rinciannya berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Ilustrasi daftar kartu Prakerja. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Ilustrasi daftar kartu Prakerja. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan

Lantas, bagaimana caranya? Mengutip laman resmi Prakerja, begini cara menyambungkan rekening dan e-wallet ke Kartu Prakerja.

  1. Pastikan kamu memiliki nomor rekening atau e-wallet yang masih aktif.
  2. Nama di nomor rekening dan e-wallet harus sama dengan nama yang didaftarkan dalam program kartu prakerja, yaitu sesuai dengan NIK.
  3. Kartu prakerja hanya bisa disambungkan ke e-wallet OVO, GoPay, DANA, dan LinkAja. Pastikan kamu memiliki nomor aktif di e-wallet itu.
  4. Setelah mengantongi nomor rekening dan e-wallet, login ke akun prakerja yang sudah dibuat, lalu pergi ke menu “Sambung Sekarang” di dashboard utama.
  5. Ada pilihan untuk menyambungkan rekening atau e-wallet, kamu pilih yang ingin kamu sambungkan. Kalau rekening, masukkan nomor dan nama rekening dengan benar. Kalau e-wallet, masukkan nomor telepon dan tunggu kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.
  6. Terakhir, klik opsi “sambungkan”. Untuk yang memilih menggunakan e-wallet, sebelumnya kamu harus memasukkan kode keamanan dari e-wallet yang kamu sambungkan ke kartu prakerja.

Itulah cara menyambungkan rekening dan e-wallet ke Kartu Prakerja. Setelah rekening atau e-wallet tersambung, kamu tinggal tunggu insentif cair deh! Tapi jangan lupa ikuti semua pelatihan yang sudah kamu pilih ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular