Friday, June 21, 2024
spot_img

Begini Cara Mendapatkan BLT BBM Rp600 Ribu

Hi!Pontianak – Imbas Kenaikan BBM subsidi, Presiden Joko Widodo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk meringankan beban rakyat. Nominal bansos BLT BBM tersebut sebesar Rp600 ribu yang dikabarkan akan diberi kepada 16 juta orang.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan bantuan sosial atau bansos tersebut bisa mengeceknya di situs Kementerian Sosial Republik Indonesia. Di laman tersebut, akan menampilkan data penerima BLT BBM yang sudah disalurkan sejak awal September 2022 ini.

Nah, bagaimanakah mengecek daftar penerima BLT tersebut di tengah kenaikan BBM bersubsisi saat ini? Berikut langkah-langkahnya.

1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.

3. Isi nama lengkap penerima manfaat sesuai KTP.

4. Isi 8 huruf kode (kode captcha) yang dipisahkan spasi

5. Klik cari data.

Setelah melakukan 5 langkah tersebut, kamu akan melihat data penerima manfaat bansos atau BLT BBM. Nah, jika datamu tidak ada di laman tersebut, maka calon penerima manfaat disebut bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos.

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU Imam Bonjol, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (24/6/2022). Foto: Makna Zaezar/ANTARA FOTO

Kemensos memiliki nomor pusat kontak bagi orang yang memiliki keluhan tentang penyaluran bansos terkhusus BLT BBM. Bagi yang belum terdaftar juga bisa memanfaatkan situs usul sanggah melalui nomor 021-171 atau situs cekbansos.kemensos.go.id maupun aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Nomor tersebut bisa dihubungi dan beroperasi selama 24 jam. Sementara itu, menurut Mensos Tri Rismaharini, bantuan sosial atau BLT BBM akan disalurkan ke beberapa daerah di 34 provinsi.

Penyaluran tersebut bisa melalui dua cara yakni mengambil di kantor pos terdekat atau PT Pos mengantarkan bansos ke para penerima yang memiliki kendala fisik atau kesehatan.

“Kami akan mengirim langsung menggunakan pesawat untuk membagi di tempat-tempat yang memang itu akan sulit diakses jadi untuk warga yang kesulitan,” ucap Risma dikutip dari kumparanBISNIS.

Di samping itu, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkapkan bahwa pemerintah juga bakal memberi bansos kepada pekerja informal yakni petani, sopir, nelayan, tukang bakso, pedagang mikro, UMKM, hingga tukang ojek

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular