Sunday, May 19, 2024
spot_img

6 Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

Pontianak Today – Tidak semua orang suka dipeluk dengan cara yang sama, tetapi sebagian orang setuju bahwa pelukan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi berpelukan dengan pasangan ataupun orang tersayang dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

Selain menunjukkan rasa kasih sayang, berikut enam manfaat berpelukan dengan pasangan yang baik untuk kesehatan dan kebahagiaan.

1. Memperbaiki suasana hati

Memeluk orang terkasih diyakini mampu memperbaiki suasana hati, terlebih ketika pelukan ini berujung pada hubungan seks. Hal ini karena berhubungan intim juga mampu memperbaiki suasana hati yang sedang tidak menentu.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika seseorang sedang mengalami stres, maka hal tersebut dapat berimbas pada menurunnya daya tahan tubuh. Sering berpelukan juga dianggap bisa menurunkan risiko memburuknya gejala penyakit, loh.

Dengan memeluk pasangan, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga kamu terlindungi dari virus penyebab penyakit, seperti flu.

3. Meningkatkan kebahagiaan

Pelukan dapat meningkatkan rasa kebahagiaan karena aktivitas tersebut mendorong produksi hormon oksiktoksin, yaitu hormon ‘cinta’ yang berfungsi untuk menurunkan stres dan meningkatkan rasa keterikatan dengan orang lain.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons fisiologis terhadap penyakit. Semakin tinggi peradangan, maka artinya infeksi yang sedang dihadapi semakin kuat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang diberikan pelukan selama 14 hari memiliki peradangan yang lebih sedikit, hal ini dapat dilihat dari sampel air liurnya.

5. Mengurangi stres dan kecemasan

Pelukan mampu memperlambat detak jantung dan detak jantung yang tidak terlalu berdebar-debar akan mengurangi reaktif terhadap stres sehingga semakin baik dalam pengelolaan emosi. Saat hormon stres menurun, rasa tenang pun dapat meningkat.

Maka dari itu, berpelukan dengan pasangan saat tidur dipercaya mampu mengurangi stres. Berpelukan ketika tidur juga dapat meredakan kecemasan karena berpelukan dengan orang terkasih dapat menimbulkan perasaan aman dan nyaman.

6. Produksi hormon dalam tubuh menjadi seimbang

Oksiktoksin merupakan hormon yang mengatur berbagai macam perasaan, seperti senang hingga hilangnya rasa sakit. Ketika berpelukan dengan orang tersayang, tubuh akan memproduksi hormon oksitoksin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Produksi hormon tersebut juga dapat membuat fungsi endorphin dan serotonin meningkat. Selain itu, manfaat dari berpelukan juga bisa menyeimbangkan sistem saraf parasimpatik pada tubuh manusia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular