Thursday, July 25, 2024
spot_img

6 Fakta Menarik Ratu Elizabeth II yang Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Hi!Pontianak – Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Sang Ratu Inggris tutup usia 96 tahun pada Kamis waktu Inggris, 8 September 2022. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II maka putranya Pangeran Charles akan menjadi Raja Inggris. Pangeran Wales itu akan otomatis mendapatkan tahta Kerajaan Inggris.

Lalu apa saja fakta-fakta menarik di balik hidup Elizabeth II. Berikut Hi!Pontianak ulas dari berbagai sumber

1. Tidak Dilahirkan di Istana

Sebagai anak pertama dari Duke dan Duchess of York, calon Raja George VI dan Ratu Elizabeth, rupanya ia tidak dilahirkan di istana. Ratu Elizabeth II dilahirkan di sebuah townhouse di London milik kakek dan nenek pihak ibu Skotlandia, Earl dan Countess of Strathmore pada 21 April 1926.

2. Menjadi ratu pada usia muda

Raja George VI meninggal pada 6 Februari 1952 di usianya ke-56. Setelah itu, Ratu Elizabeth II menggantikan posisinya pada usia 25 tahun. Ratu Elizabeth II dimahkotai di Westminster Abbey di pusat kota London pada 2 Juni 1953.

3. Raja Inggris Terlama

Ratu Elizabeth II merupakan satu-satunya Raja Inggris terlama. Dia memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun. Elizabeth naik takhta pada tahun 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Dia mengawasi pergolakan terakhir kerajaan Inggris, melewati pergolakan global dan skandal domestik, dan secara dramatis memodernisasi monarki.

4. Menjadi kepala tujuh negara

Di usia 25 tahun, Ratu Elizabeth II menjadi ratu dari tujuh negara Persemakmuran yang merdeka, di antaranya Inggris Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (sekarang dikenal sebagai Sri Lanka).

5. Tak mempunyai passport

Bepergian ke luar negeri tentu membutuhkan passport. Namun hal ini tak berlaku bagi Ratu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II dapat pergi ke negara manapun tanpa perlu passport. Pasalnya, setiap passport di Inggris harus atas izin Sang Ratu. Oleh karena itu, Ratu Elizabeth II tak memerlukan passport.

6. Pecinta Sepakbola

Biasanya sepakbola adalah olahraga yang digandrungi kaum laki-laki. Namun hal ini tidak berlaku pada Ratu Elizabeth II. Berbanding dengan citra anggun dan feminim, Ratu Elizabeth II adalah penggemar klub bola Arsenal.
Bahkan, Cesc Fabregas juga mengiyakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah fans Arsenal

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular