Friday, June 21, 2024
spot_img

5 Cara Menghilangkan Mata Sembap Usai Menangis

Hi!Pontianak – Menangis adalah sesuatu yang wajah dialami setiap manusia, apalagi jika hal itu disebabkan oleh peristiwa sedih. Ketika menangis, air mata akan keluar yang bisa menyebabkan mata menjadi kering. Sebab, sejatinya air mata diproduksi untuk menjaga mata agar tetap lembap dan terasa nyaman. Gunanya air mata tidak hanya itu, air mata juga dapat membersihkan mata dari debu dan kotoran yang masuk ke dalamnya.

Ketika menangis pula, cairan akan berkumpul di jaringan sekitar mata dan kelopak mata. Hal inilah yang jadi alasan mengapa menangis terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi bengkak.

Buat kamu yang mengalami mata sembap akibat terlalu lama menangis, yuk simak beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata bengkak.

1. Kompres dengan air dingin

5 Cara Mudah untuk Menghilangkan Mata Sembap Usai Menangis (1)
Ilustrasi kompres air dingin.Foto: Shutterstock

Kamu dapat mengompres mata yang sembap dengan air dingin. Kompres dingin ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi. Begini cara yang tepat untuk mengurangi mata bengkak:

  • Ambil kain bersih dan basahi dengan air dingin
  • Duduk di tempat tidur atau kursi yang nyaman
  • Kompreskan kain basah tersebut ke kulit di bagian bawah dan sekitar mata selama beberapa menit
  • Tekan dengan lembut

2. Tempelkan potongan mentimun

Banyak orang yang percaya bahwa meletakkan potongan mentimun dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan pada bagian kantong mata. Ini dikarenakan mentimun mengandung asam askorban dan caffeic yang dapat menurunkan retensi air dan mengurangi pembengkakan mata.

3. Kompres dengan kantung teh dingin

5 Cara Mudah untuk Menghilangkan Mata Sembap Usai Menangis (2)
Ilustrasi kantung teh. Foto: Shutter Stock

Selain potongan mentimun, kamu bisa mengompreskan mata yang bengkak dengan kantung teh dingin. Kamu hanya perlu membasahi 2 kantung teh, lalu menyimpannya di kulkas hingga dingin. Setelah itu, letakkan kantung teh di mata yang bengkak selama 15-30 menit.

4. Tidur dengan meninggikan kepala

Ini menjadi salah satu cara mudah tanpa harus menggunakan bahan apa pun. Kamu hanya perlu tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Selain cara ini dapat mengurangi mata bengkak, ternyata juga bisa menenangkan hati.

5. Gunakan eye roller

5 Cara Mudah untuk Menghilangkan Mata Sembap Usai Menangis (3)
Ilustrasi eye roller. Foto: Maria Shipakina/Shutterstock

Eye roller atau rol mata diciptakan dengan dilengkapi gel pendingin yang mengandung kafein. Ini juga yang menjadikan rol mata memiliki efek yang sama seperti kantung teh, yakni dapat meredakan mata bengkak sekaligus melembapkan mata.

Selamat Mencoba!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular