Monday, June 24, 2024
spot_img

4 Fakta Proses Penuaan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Hi!Pontianak – Seiring bertambahnya usia, banyak perempuan yang mulai mengeluhkan tanda-tanda penuaan dini pada kulitnya, mulai dari flek hitam, kerutan, hingga garis halus. Tak heran, penuaan kulit pun menjadi masalah yang ditakuti kaum hawa. Produk skin care anti-aging di pasaran juga kerap dicari, bahkan telah menjadi kebutuhan.

Namun, sudahkah kamu tahu bagaimana kulit bisa mengalami penuaan? Apakah masalah ini sebenarnya dapat dihindari?

Baca Juga

Ini Penyebab Perempuan Sering Alami Mood Swing saat PMS

5 Jenis Olahraga ala Kate Middleton yang Bikin Tubuhnya Bugar dan Awet Muda

Nah, untuk menjawabnya, Hi!Pontianak telah mengumpulkan empat fakta tentang proses penuaan kulit dalam artikel ini.

1. Setiap perempuan dan setiap orang akan mengalami penuaan kulit

Ilustrasi Perempuan Kulit Kusam. Foto: dok. Freepik
Ilustrasi Perempuan Kulit Kusam. Foto: dok. Freepik

Penuaan adalah proses alamiah dari kehidupan manusia. Begitu juga dengan penuaan pada kulit, setiap perempuan akan mengalaminya. Melansir Healthline, ketika menua, regenerasi sel-sel di dalam kulit juga akan ikut melambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka itulah, proses penuaan kulit tidak dapat dihindari.

2. Proses penuaan kulit disebabkan oleh faktor internal dan eksternal

Penuaan kulit disebabkan oleh gabungan dari dua faktor. Yang pertama adalah faktor internal, yang dipengaruhi oleh pertambahan usia, gen, dan hormon. Lalu yang kedua adalah faktor eksternal, yang dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, polusi, waktu tidur yang kurang, hingga gaya hidup tidak sehat. Kedua faktor inilah yang akan membuat sel dan jaringan di dalam kulit menjadi rusak sehingga produksi kolagen serta elastin pun ikut berkurang.

3. Penuaan kulit bisa dirasakan dan dilihat sejak usia 20-an

Ilustrasi perempuan dengan flek hitam di kulit. Foto: Sorn340 Studio Images/Shuttterstock
Ilustrasi perempuan dengan flek hitam di kulit. Foto: Sorn340 Studio Images/Shuttterstock

Tahukah Ladies jika tanda-tanda penuaan kulit bisa mulai kamu rasakan dan kamu lihat sejak usia 20-an? Contohnya seperti penampakan garis halus di sekitar mulut dan hidung, munculnya bintik gelap, dan wajah yang terlihat kusam.

Baca Juga

5 Cara Menghilangkan Mata Sembap Usai Menangis

5 Penyebab Perempuan Lebih Bergairah Untuk Bercinta Jelang Menstruasi

Iya, hal ini turut disebabkan karena produksi kolagen ikut menurun setiap tahunnya, sehingga membuat kulit akan menjadi lebih tipis dan rapuh. Selain itu, jarang memproteksi kulit dengan sunscreen juga dapat membuat penuaan kulit dapat terjadi lebih awal.

4. Kamu bisa menunda penuaan kulit dengan cara yang tepat

Meski penuaan kulit tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa menundanya, Ladies. Sebelum terlambat, gunakan lebih dini skin care berlabel anti-aging untuk memperlambat proses penuaan. Kamu pun bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk mencoba treatment yang dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti metode laser atau filler.

Jangan lupa gunakan sunscreen setiap hari dan padukan juga dengan pola hidup sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukupi kebutuhan air mineral, dapatkan tidur cukup dan berkualitas, dan berolahraga secara rutin.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular