Thursday, July 25, 2024
spot_img

4 Ciri-ciri Anak Mengalami Menstruasi Pertama yang Harus Ibu Ketahui

Hi!Pontianak – Bagi sebagian besar anak perempuan remaja, mengalami haid untuk pertama kalinya merupakan sesuatu yang bisa membuat khawatir atau panik. Tidak hanya mereka, para orang tua terutama para ibu tentu bakal ikutan cemas saat mengetahui putri kecilnya ternyata sudah mengalami menstruasi.

Melansir dari laman Flo Health, menstruasi pertama pada anak perempuan ini sering juga disebut dengan istilah menarche. Umumnya anak perempuan mengalami haid pertamanya di usia 10-15 tahun. Akan tetapi, setiap anak perempuan bakal memiliki kematangan yang berbeda-beda. Tergantung dari banyak faktor, mulai dari faktor genetik, pola makan, lingkungan, status gizi, dan stres yang dialami.

Sebagai orang tua, tentunya perlu memberi penjelasan dan pemahaman mengenai menstruasi serta edukasi kesehatan organ intim. Hal tersebut sangat penting agar anak bisa lebih mengantisipasi ketika mengalami haid ke depannya.

Lantas, apa saja sih ciri-ciri anak akan mengalami menstruasi pertama? Simak penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber :

1. Mengalami Keputihan

Ilustrasi Menstruasi. Foto: Pexels

Ciri-ciri pertama adalah anak akan mengalami menstruasi pertama kalinya adalah bagian vagina bakal terasa lebih lembap dan keluarnya keputihan. Keputihan jelang haid yang pertama ini biasanya berwarna bening seperti putih telur. Keluarnya keputihan ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan hormon jelang menstruasi untuk pertama kalinya.

2. Perubahan Pada Payudara

Biasanya sekitar dua hingga tiga tahun menjelang haid pertama, anak perempuan mungkin bakal mulai mengalami perubahan pada bagian dada atau payudara. Mulanya, benjolan kecil yang ada di sekitar puting bakal terangkat. Kemudian, area gelap di sekitar puting menjadi lebih besar dan menonjol. Disusul payudara yang mulai tumbuh atau disebut juga dengan kuncup payudara.

Nah, ketika terjadi pertumbuhan pada payudara ini, mungkin si kecil akan merasa bingung dengan adanya perubahan fisik pada dirinya. Maka dari itu, para ibu perlu mendampinginya dan memberikan penjelasan bahwa ini merupakan sesuatu yang normal. Sekaligus menandakan dia akan masuk ke dalam usia yang yang lebih matang lagi.

3. Tumbuhnya Rambut di Beberapa Area Tubuh

Tanda lainnya jelang haid pertama pada anak perempuan adalah tumbuhnya rambut di area kemaluan. Selain itu, rambut juga mulai tumbuh di sekitar ketiak. Kelenjar penghasil minyak pada kulit pun menjadi semakin aktif saat anak menjelang haid pertamanya. Jadi enggak heran, si kecil mulai tumbuh jerawat ketika mendekati menstruasi.

4. Perubahan Suasana Hati

4 Ciri-ciri Anak Akan Mengalami Menstruasi Pertama (2)
Ilustrasi ciri-ciri anak anak mengalami menstruasi pertama (Sumber: Pexels)

Bukan hanya perubahan secara fisik saja, pada saat menstruasi pertama, si kecil bisa saja mengalami perubahan suasana hati yang mendadak. Bisa jadi dia menjadi lebih tenang, mudah cemas, menangis, atau marah tanpa ada alasan yang jelas.

Hal ini sangat wajar terjadi, pasalnya adanya lonjakan hormon jelang menstruasi, sangat berpengaruh pada perubahan mood atau suasana hati anak.

Itulah beberapa ciri-ciri anak akan mengalami menstruasi pertama yang perlu Mama-Mama ketahui. Jangan lupa dampingi terus mereka selama masa transisi ini, ya. Agar si kecil tetap nyaman dan tidak cemas dalam memasuki masa pubertas.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular