Sunday, May 19, 2024
spot_img

5 Kegiatan Produktif untuk Mengisi Waktu Luang saat Puasa

Pontianak Today – Dibandingkan hanya tidur, terdapat beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan agar kamu tetap produktif selama berpuasa.

Selain untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan, kegiatan-kegiatan produktif ini juga dapat menambah pahala bagi yang melakukannya, loh. Berikut adalah lima kegiatan produktif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang saat puasa.

1. I’tikaf di masjid

I’tikaf artinya mendekatkan diri secara sungguh-sungguh kepada Allah SWT dengan cara berdiam diri di dalam masjid. I’tikaf merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan umat Muslim selama bulan puasa Ramadan.

2. Kajian online

Mengikuti kegiatan positif seperti kajian online juga dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan. Tidak hanya secara tatap muka, saat ini banyak kajian keislaman yang diadakan secara online sehingga lebih fleksibel untuk diikuti tanpa harus pergi ke tempatnya langsung.

3. Membaca Al-Qur’an

Selama bulan Ramadan, seluruh amal dan ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Membaca Al-Qur’an menjadi salah satu kegiatan beribadah yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang sembari beristirahat sejenak dari aktivitas duniawi.

4. Menyiapkan buka puasa

Menjelang waktu berbuka, kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah menyiapkan menu buka puasa, seperti takjil atau makanan sederhana. Hal ini dapat membantu mengasah keterampilan memasak dan juga menambah keakraban keluarga.

5. Olahraga ringan

Berpuasa di bulan Ramadan bukan berarti kita tidak bisa berolahraga. Olahraga ringan tetap bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengisi waktu luang selama berpuasa, seperti melakukan yoga atau jalan kaki.

Nah, daripada gabut dan bingung harus melakukan kegiatan apa saat berpuasa, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan produktif di atas, ya!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular